Kamis, 27 September 2012

Analisa Materi Aktivitas Atletik SD Kelas 1, 2 dan 3




Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP): Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Latar Belakang
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani,  olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis.  Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk mengenal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman.
Selama ini telah terjadi kecenderungan dalam memberikan makna mutu pendidikan yang hanya dikaitkan dengan aspek kemampuan kognitif. Pandangan ini telah membawa akibat terabaikannya aspek-aspek moral, akhlak, budi pekerti, seni, psikomotor, serta life skill. Dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan memberikan peluang untuk menyempurnakan kurikulum yang komprehensif dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.
Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-sportivitas-spiritual-sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis  yang seimbang.

Tujuan
Mata pelajaran Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih
2.    Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.    Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
4. Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
5.  Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis
6.  Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan
7. Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif

Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan untuk jenjang SD/MI, SMP/Mts,SMA/MA, SMK/MAK adalah sebagai berikut.
1.      Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan. eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor,dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan beladiri, serta aktivitas lainnya
2.      Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh serta aktivitas lainnya
3.      Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya
4.      Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic serta aktivitas lainnya
5.      Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air,  dan renang serta aktivitas lainnya
6.      Pendidikan luar kelas, meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung
7.      Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat, merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur  waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan  P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implisit masuk ke dalam semua aspek.

Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk Materi Aktivitas Atletik Pada SD/MI Kelas I, II dan III

Tingkat
Satuan
Pendidikan
Kelas
Semester
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
SD/MI
I
1
1. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhana/ aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri

2
6. Mempraktikkan gerak dasar ke dalam aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
6.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat ke berbagai arah dengan berbagai pola dalam permainan
sederhana, serta nilai kerjasama, kejujuran, tanggung jawab dan toleransi
II
1
1. Mempraktikkan variasi gerak dasar melalui permainan dan aktivitas
jasmani, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
1.1 Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggungjawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri
III
1
1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya



1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama

2
6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan
nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab dan menghargai lawan atau diri sendiri

Tabel diatas merupakan materi aktivitas atletik yang tercantum dalam Standar Isi KTSP tahun 2006 meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada tingkat sekolah dasar kelas 1, 2 dan 3.
Apabila melihat kepada tujuan yang hendak dicapai dengan pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di sekolah sebelumnya (hal. 2), saya menemukan beberapa poin yang menjadi hasil analisa saya terhadap materi aktivitas atletik kelas 1, 2 dan 3 SD. Berikut merupakan hasil analisa saya.
1)       Standar kompetensi yang meliputi gerak dasar relevan dengan kompetensi dasar, dimana diatas disebutkan bahwa gerak dasar jalan, lari dan lompat yang memang merupakan esensi dari aktivitas atletik
2)       Penekanan penguasaan gerak dasar pada anak-anak usia SD kelas 1, 2 dan 3 (6-9) tahun dalam kurikulum PJOK relevan dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar
3)       Pengembangan fisik dan psikis anak dapat berkembang dengan baik salahsatunya dengan materi aktivitas atletik ini, anak dilatih fisik dan psikisnya dengan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam bentuk permainan
4)       Penanaman nilai atau internalisasi nilai melalui materi aktivitas jasmani termasuk aktivias atletik dapat membangun karakter diri siswa menjadi manusia yang tidak hanya sehat secara jasmaniah, namun juga rohaninya
Kesimpulan saya dengan analisis ini adalah bahwa kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dengan Standar Isi tahun 2006 yang berkembang di sekolah sudah cukup representatif dan relevan dengan tujuannya yang merujuk pada tujuan pendidikan nasional dalam UU 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Catatan:
Analisis saya ini hanya berdasarkan pada standar isi meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar. Hasil analisa pun bersifat keseluruhan, tidak mendalam. Hasil analisa yang lebih dalam dan teliti jika dilakukan pengamatan terhadap pelaksanaan Penjas di sekolah, khususnya pada materi aktivitas atletik. Sehingga dengan begitu, hasil analisa benar-benar bersifat faktual dan kekinian karena bersumber dari kegiatan nyata di lapangan, tidak hanya berdasar pada apa yang tersurat dalam kurikulum saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar