Selasa, 15 Mei 2012
Kamis, 10 Mei 2012
Metode Keseluruhan dalam Pembelajaran Penjas
Menurut Nana Sudjana (2005: 76) metode pembelajaran adalah, “Metode
pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan
siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”. Sedangkan M. Sobri Sutikno (2009: 88) menyatakan, “Metode pembelajaran
adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar
terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”.
Berdasarkan definisi / pengertian
metode pembelajaran yang dikemukakan tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa
metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh
seorang guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan.
Benny A. Pribadi (2009: 11) menyatakan, “tujuan proses pembelajaran adalah agar
siswa dapat mencapai kompetensi seperti yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan
proses pembelajaran perlu dirancang secara sistematik dan sistemik”. Banyak
metode yang digunakan seorang guru dalam pembelajaran passing
Dalam pembelajaran gerak sendiri terdapat beberapa macam metode
pembelajaran,yaitu: metode keseluruhan,metode bagian,metode campuran (Bagian
dan keseluruhan) dan metode progresif. Keempat metode inilah yang seringkali dipergunakan guru
Penjas dalam proses pembelalajaran penjas.
Dan berikut ini merupakan salahsatu dari beberapa metode yang dilakukan dalam pembelajaran penjas.
Metode Keseluruhan
Agus Mahendra dalam
Modul Teori Belajar Mengajar Motorik (2007: 273-275) menyatakan bahwa metode
global atau metode keseluruhan atau whole
method adalah suatu cara mengajar yang beranjak dari yang umum ke yang
khusus. Dalam mengajarkan keterampilan gerak atau permainan,maka bentuk yang
utuh atau keseluruhan diajarkan terlebih dahulu kemudian dipecah-pecahkan
menjadi bagian-bagian. Dalam pelaksanaannya metode global ini mengikuti urutan
sebagai berikut:
1)
Preview
Suatu
tahap yang dimaksudkan untuk memperkenalkan keterampilan yang akan dipelajari.
Tahap preview ini tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara,baik melalui uraian
verbal,demonstrasi langsung,penayangan gambar atau foto,pemutaran videofilm,
atau hanya lembaran-lembaran tugas; yang pada intinya adalah untuk memberikan
gambaran utuh (keseluruhan) tentang materi yang akan dipelajari
2) Percobaan
Dalam
tahap ini semua murid mencoba untuk menguasai keterampilan yang dimaksud dengan
cara melakukannya sendiri secara utuh seperti yang terlihat dalam gambar.
Apabila keterampilan yang dipelajari tersebut adalah lompat jauh gaya lenting,maka
semua murid mencoba melakukan lompat jauh dari mulai awalan hingga melayang
3)
Review
Setelah
percobaan yang tadi dianggap cukup,maka dalam tahap ini guru mengundang
murid-murid untuk mengungkapkan masalah-masalah yang ditemukan selama
percobaan. Atau,dalam kondisi kelas kita yang lebih bersifat satu arah (direct teaching),maka tahap ini sering
digunakan guru untuk memberitahukan pada murid tentang kesalahan-kesalahan yang
masih mereka buat. Tahap ini diakhiri hingga semua murid mempunyai gambaran
yang jelas tentang kelemahan dan kelebihan mereka
4)
Retrial
Dari
pengenalan mereka tentang apa yang harus dilakukan pada percobaan mereka,maka
dalam tahap ini murid mulai mencoba kembali,dengan tujuan memperbaiki kesalahan-kesalahan
yang masih dibuat. Percobaan kembali ini tetap masih dalam konteks
keseluruhan,yang kemudian bias dilakukan semacam review kembali. Demikian
seterusnya hingga keterampilan yang bersangkutan dirasa sudah dicapai dengan
baik
5) Pemantapan
Setelah
beberapa kali terlibat dalam proses review dan retrial,maka murid akan semakin
memantapkan kemampuannya dengan melatihnya berulang-ulang. Pada tahap ini
hendaknya guru sudah semakin spesifik dalam memberikan umpan balik informasi
yang berguna buat memantapkan keterampilan anak.
Sumber:
Mahendra,Agus. (2007). Modul Teori Belajar Mengajar Motorik.
Bandung: FPOK UPI Bandung
Hipni,Rohman.(2011). Definisi Metode Pembelajaran [Online].
Tersedia: http://hipnirohman.blogspot.com
[25 April 2012]
Langganan:
Postingan (Atom)
Label
- Just share :) (2)
- Penjas Adaptif (1)
- Physical Education (2)
- Renungan (1)
- Tugas BK (1)